Sabtu, 14 September 2019

Modul 9 Strategi Promosi dan Periklanan


Modul 9
Strategi Promosi dan Periklanan
Kegiatan Belajar 1
Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran Terpadu
  Komunikasi
       merupakan proses penyampaian pesan kepada pihak lain dan memerlukan enam elemen, yaitu : sebuah sumber, sebuah pesan, sebuah saluran komunikasi, penerima, dan proses penyampaian (encoding) dan penerimaan (decoding) (Kerin, et.al., 2007, h. 332)
Komunikasi ada 2 kategori utama :
1.          Komunikasi antar-perorangan
2.          Komunikasi massa
  Komunikasi Pemasaran
       adalah proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi untuk berdialog dengan berbagai macam khalayak dengan cara mengembangkan, menyajikan dan mengevaluasi sejumlah pesan kepada khayalak stakeholder.
  Stakeholder
individu atau kelompok yang memberi pengaruh atau dipengaruhi oleh pencapaian tujuan perusahaan.
       contohnya itu : karyawan, manajer, pemilik perusahaan, komisaris, pelanggan, pemasok distributor , krerditur, pemerintah, pesaing, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat umum.
  Gambar 9.1 model dasar komunikasi pemasaran atau komunikasi pemasaran tradisional.
WhatsApp Image 2019-05-07 at 23.37.10.jpeg
  Komunikasi Pemasaran terpadu
       adalah penggunaan promosi yang terkoordinasi dan strategis untuk menciptakan satu pesan yang konsisten lintas saluran komunikasi ganda agar menimbulkan dampak persuasif yang maksimum pada pelanggan perusahaan baik yang ada maupun pelanggan potensial.
  Proposisi nilai
       diartikan sebagai jumlah manfaat atau nilai pelanggan yang ditawarkan kepada pelanggan dari satu macam produk, seperti sampo yang menawarkan kebersihan, penguatan, kelembutan, dan sekaligus penghitaman rambut (four in one)
  Gambar 9.2 komunikasi pasar terpadu
WhatsApp Image 2019-05-07 at 23.37.10(1).jpeg
A.        Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Proses Adopsi
1)      Kesadaran
2)      Pengetahuan
3)      Evaluasi
4)      Percobaan
5)      Adopsi
6)      Evaluasi Pascabeli
  Tujuan promosi
       memberi tahu, meningkatkan, dan membujuk.
B.        Kerangka AIDA
1)      Mencari Perhatian ( Attention )
2)      Membangkitkan Minat ( Interest )
3)      Membangkitkan Keinginan ( Desire )
4)      Mendorong Tindakan ( Action )
  Gambar 9.3 hubungan antara proses adopsi dengan AIDA
WhatsApp Image 2019-05-07 at 23.37.10(2).jpeg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar