Modul 9
Strategi Promosi dan Periklanan
Kegiatan Belajar 1
Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran
Terpadu
Komunikasi
merupakan proses
penyampaian pesan kepada pihak lain dan memerlukan enam elemen, yaitu : sebuah
sumber, sebuah pesan, sebuah saluran komunikasi, penerima, dan proses
penyampaian (encoding) dan penerimaan (decoding) (Kerin, et.al., 2007, h. 332)
Komunikasi ada 2
kategori utama :
1. Komunikasi antar-perorangan
2. Komunikasi massa
Komunikasi
Pemasaran
adalah proses
manajemen yang dilakukan oleh organisasi untuk berdialog dengan berbagai macam
khalayak dengan cara mengembangkan, menyajikan dan mengevaluasi sejumlah pesan
kepada khayalak stakeholder.
Stakeholder
individu atau kelompok yang
memberi pengaruh atau dipengaruhi oleh pencapaian tujuan perusahaan.
contohnya itu :
karyawan, manajer, pemilik perusahaan, komisaris, pelanggan, pemasok
distributor , krerditur, pemerintah, pesaing, lembaga swadaya masyarakat, dan
masyarakat umum.
Gambar
9.1 model dasar komunikasi pemasaran atau komunikasi pemasaran tradisional.
Komunikasi
Pemasaran terpadu
adalah
penggunaan promosi yang terkoordinasi dan strategis untuk menciptakan satu
pesan yang konsisten lintas saluran komunikasi ganda agar menimbulkan dampak
persuasif yang maksimum pada pelanggan perusahaan baik yang ada maupun
pelanggan potensial.
Proposisi
nilai
diartikan
sebagai jumlah manfaat atau nilai pelanggan yang ditawarkan kepada pelanggan
dari satu macam produk, seperti sampo yang menawarkan kebersihan, penguatan,
kelembutan, dan sekaligus penghitaman rambut (four in one)
Gambar
9.2 komunikasi pasar terpadu
A.
Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Proses
Adopsi
1) Kesadaran
2) Pengetahuan
3) Evaluasi
4) Percobaan
5) Adopsi
6) Evaluasi
Pascabeli
Tujuan
promosi
memberi tahu,
meningkatkan, dan membujuk.
B.
Kerangka AIDA
1) Mencari
Perhatian ( Attention )
2) Membangkitkan
Minat ( Interest )
3) Membangkitkan
Keinginan ( Desire )
4) Mendorong
Tindakan ( Action )
Gambar
9.3 hubungan antara proses adopsi dengan AIDA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar